Wednesday, September 18, 2013

The Helper ( Part 2 )

Finally I'm back.
Sekarang aku lagi dalam keadaan sakit ( Flu, hidung tersumbat meriang ) sepulang dari bali sweet escape dan juga surabaya untuk control baby dan nyari pembantu.
Usia kandungan menginjak tepat 23 Minggu.
Dan si baby dalam keadaan puji Tuhan Sehat!!!
Gak berasa udah 2 minggu aja ninggalin samarinda,
Karena dengan harapan pas balik samarinda aku udah nemuin pembantu yang baru.
Susah banget tau gak nyari pembantu, memang pembantu itu kebutuhan sejuta umat kali yah.
Dengan banyaknya yayasan dan makelar di surabaya belum menjamin adanya persediaan pembantu.


Nah jadi kemarin setelah nungguin 1 minggu setengah, kabar dari makelar dan yayasan yang biasanya menyediakan pembantu. Akhirnya kemarin dapet kabar yang menyenangkan, si makelar ( sebut aja ibu A ) yang emang udah jadi langganan keluarga ku semenjak dulu sms ke aku katanya


"Ntar saya ke rumah nik, ada pembantu dari probolinggo".

"Ok!"


Aku dan hubsy udah berasa lega aja, karena akhirnya ada juga yang ngasi kabar positif. Secara udah lebih dari 10 yayasan dan makelar yang aku titipin untuk cari pembantu.
Gak selang lama datang lah si bu A ke rumah dengan si calon mbak.


"Jadi ini nik pembantunya udah pengalaman pinter kerja, sampeyan mau suruh masak apa aja bisa"kata si ibu A

"Umur berapa ?"

"40 Nik"

"Sudah menikah ? Punya anak gak ?"

"Janda Nik, dan belum punya anak"


Nahh.. Aku ma hubsy langsung toleh tolehan, bagus nih karena kan kalo pembantu yang punya keluarga trus diajak kerja di luar pulau pasti rasanya berat. Klo istilah nya "single" begini pasti lebih flexible dan lebih bisa "kerasan".


"Gajinya berapa ?"

"Nah karena ini orang udah pengalaman minta nya 2jt Nik" sambung si ibu A.

"Waduh kok mahal ?" Sontak aku kaget dong...

"Iya pinter masak, bisa kerja smua, dulu juga pernah ngerawat baby" sahut si ibu A.

"Ooohhhh..."

"Saya dulu pernah kerja di orang nik, di gaji 3,8jt mau di ajak ke hongkong tapi saya gak di bolehin sama orang tua." Lanjut si calon pembantu itu.

"Ohhhhh!"
Aku noleh ke hubsy lagi dong nanya pendapat.
Karena masih bingung lantaran shock dengan gaji sih mbak yang memang di atas ekpektasi, karena kan rata2 gaji standart PRT luar pulau jawa skrg 1,5jt. Tapi setelah aku pikir2 lagi kali2 aja cocok masalah gaji sih gak masalah asalkan kerjaan nya bagus dan cocok. Yah istilahnya you kerja bagus gaji you I kasih bagus.

Akhinya decision yang aku buat sama hubby adalah
Okay kita mau terima tuh mbak buat kerja tapi dengan catatan untuk 2 bulan pertama adalah masa training dengan gaji 1,8jt kalo cocok gaji naik jadi 2Jt.

"Iya non gpp, tapi satu bulan aja yang bulan depan nya naik, karena saya udah pengalaman kerja blablabla" Eh tuh mbak pas denger aku ngomong gitu langsung nyaut ajeee.

"Oh enggak bisa mbak minimal 2 bulan lah ya"
Enak bener ini orang belum jadi apa - apa udah ngatur - ngatur aja.


"Tapi non, dia ini baru mau kerja kalau di pinjami gaji dulu selama 2 bulan. Kalau gak di pinjamin dia gak mau kerja" kata si makelar yang langsung buat aku agak melotot.

"Trs ntar non kasih dia gaji 800rb aja perbulan, sisanya untuk potong pinjaman."

"Uang makelar nya 1,5jt"

OKAY!!!
Jadi aku harus mengeluarkan uang sebesar 5,1jt (belum termaksud uang tiket sby - bpp)
Jadi kurang lebih 6jt untuk bisa bawa pulang nih pembantu ke samarinda.


Akhirnya singkat cerita aku dan hubsy mengurungkan niat untuk hire tuh mbak. Karena dengan banyaknya alasan dan kesannya sok - sok an, berasa kita lagi butuh ( emang butuh sih ) trus kita di tekan gitu!!.. 
So it's a NO !
Aku sms lah tuh si ibu A.


"Bu mohon maaf sepertinya saya gak jadi ambil pembantunya karena kurang cocok. Trims ya"

Eh selang berapa menit aku di telfon dong ma si ibu A. Doi bilang klo si mbak gak jadi minjem gaji 2 bulan, tapi sebulan gaji doang.
Aku n hubsy yang udah keburu ilfeel tetep bilang
"NO!"

Kapok deh nyari di makelar.
Thanks God!!! Hari itu juga, aku telfon ke mertua yang di samarinda. Akhirnya di carikan lah via telfon.
Selang berapa jam, dapet kabar baik banget.
Mertua bilang klo ada yang mau kerja nih 2 orang at that moment tuh mbak2 masih di dalam kapal menuju kota samarinda ( kebetulan banget yah, padahal kemarin2 di cariin gak ada lhoooo ! )
Akhirnya aku memutuskan untuk langsung hire 2 pembantu supaya bisa kerasan ( betah ) dan bisa bahu membahu kerja.

See, Tuhan kayaknya emang selalu punya planning yang lebih indah daripada yang kita rencanakan. :)


Have a great day!!!
Xoxo,
IrinaStephanie

2 comments:

  1. ahhahahahah.. yampun aku sampe ngakak. ceritanya nyebelin tapi bikin ngakak saking gemesnya..
    ada yah orang begituu.. kkkk

    ReplyDelete
  2. Dalam kerjaan rumah fungsi pembantu diperlukan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...