Tuesday, August 27, 2013

The Miracle of First Trimester

Wow it's Almost September, time flies so fast !
Gak berasa banget udah lebih dari tiga bulan saya stop updating, padahal banyak banget hal seru selama 3 bulan belakangan ini. Tapi enggak tau kenapa, bawaan hamil ato saya nya yang malas. laptop jadinya gak kejamah sama sekali. hihihi

This time saya bakalan sharing tentang pengalaman saya melewati The First Trimester.
12 Minggu / 3 bulan awal dimana di rahim saya hidup keajaiban. :)


* * * * *


Kalau ada yang nanya apa sih The First Trimester / Trimester Pertama itu ?
Trimester pertama adalah 12 minggu sejak hari pertama Anda terakhir menstruasi. Bagi kebanyakan calon ibu, ini adalah masa-masa yang menggembirakan, mendebarkan, sekaligus penuh keingin tahuan. Begitu banyak perubahan pada diri Anda sejak terjadinya konsepsi: janin berkembang pesat dan tubuh Anda juga mulai menyesuaikan diri dengan kehamilan. berikut merupakan tanda-tanda yang bisa di rasakan pada Trimester pertama :

Morning Sickness


Q : Bagaimana dengan saya ?
Menurut saya Trademark Trimester Pertama  adalah "Morning Sickness",
yah gimana enggak. setiap ketemu orang pertanyaan yang kerap kali muncul adalah :
"Mual atau Muntah muntah gak ?"
HIHIHI...
lucu yah ? Orang jadinya malah lebih concern ke bagian "mual dan muntah" nya. Hehehe.
Tapi gapapa deh itulah realita, puji Tuhan saya gak ngalamin yang namanya morning sickness. Walaupun banyak survey mengatakan bahwa 85% Calon mama mengalami "morning sickness". So ketika orang-orang pada nanya, saya cuma geleng-geleng kepala sambil senyum. Puji TUHAN banget deh pokoknya.
Karna konon katanya morning sickness itu nyiksa, yah ngebayangin aja udah serem apalagi ngalamin. makan dikit terus muntah, sedangkan baby yang di dalam kan juga perlu nutrisi.
Jadi alhasil di Trimester pertama ini berat badan saya naik 4kg. :D

Sensasi Penciuman Tajam



Q : Bagaimana dengan saya ?
Saya paling eneg kalo cium bau masakan di dapur dan daun seledri.

Sering Buang Air Kecil


Q : Bagimana dengan saya ?
Frekuensi BAK saya menjadi lebih sering ketika usia kehamilan memasuki 3 bulan. 

Berjerawat



Q : Bagaimana dengan saya ?
Berjerawat dan kusam. Tapi ada beberapa temen yang komentar kalo semasa saya hamil, muka saya terlihat lebih "kinclong/bersinar", walaupun saya pribadi ngerasa bahwa muka saya berjerawat dan kusem. entahlah...

Kelelahan
Q : Bagaimana dengan saya ?
Entah karena lebay atau frekuensi gerak berkurang jadi males ato emang mudah kelelahan. 
Untuk 3 bulan awal kemarin saya memang serba hati-hati untuk ngelakuin semua hal, saya hindarin banget buat naik dan turun tangga. apalagi kamar tidur saya di lantai dua, jadi intensitas turun dan naik tangga saya bisa di hitung dengan hanya menggunakan 1 tangan  yaitu tidak lebih dari 5 kali dalam sehari. Kegiatan di siang hari juga gak jauh-jauh dari yang namanya tempat tidur.

Emosi Naik Turun

Q : Bagaimana dengan saya ?
Bukan saja emosi bahkan mood saya kacau. Bisa di bilang emosi dan mood saya extreme cepat naik dan cepat turun kayak roller coaster. HUFFFHHHHH. Untung deh masa-masa roller coaster itu udah lewat. sekali lagi puji Tuhan.

Perubahan Fisik




Q : Bagaimana dengan saya ?
yang pasti lebih "berisi" alias gendut. Hihihi berisi merata di seluruh tubuh. tapi perubahan yang paling extreme mungkin lebih di daerah panggul dan payudara. so far sih saya tetep menikmati perubahan ini, yang penting baby nya sehat yaa...

Ngidam



Q : Bagaimana dengan saya ?
Hmmm.. Entah ngidam atau rakus mata, karena selama ini saya gak kepengin makanan2 yang aneh2. kalo pun request makanan tertentu tapi gak kesampaian saya enggak ngambek or marah or maksa harus dapet makanan tsbt. 


* * * * *

Saya masih inget ketika hubby di tanya beberapa temen nya soal kehamilan saya,
T : "gimana istri ? mual2 enggak ?"
H : "enggak mual, enggak cerewet, tahan banting istriku."
hahaha..
intinya kehamilan itu unik, karena setiap ibu hamil pasti mengalami hal-hal aneh dengan cara yang berbeda-beda. 


Perkembangan Janin ( Foto Kiri - Kanan ) : 4 Minggu ( 1 Bulan ) - 12 Minggu  ( 3 bulan )

Selamat menikmati first trimester yah bumils. Good luck!!!
xoxo,
IrinaStephanie

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...