Saturday, March 9, 2013

God works in mysterious ways ( Part 1 )

Hollaa..

Kali ini aku bakalah sharing tentang campur tangan Tuhan di keluargaku, Oh yah aku baru menikah 4 bulan dan 1 hari. sedikit cerita, aku dan my hubby menikah di Gereja. before married aku dan hubby mempunyai perbedaan, yaitu agama. Aku beragama Kristen, dan Hubby tidak.
Waktu Hubby proposed me to be his wife, one thing i said to him : My mom only allow me to married a christian guy. Sebagai Kristen, mimpi ku dari dulu adalah memang melakukan pernikahan di gereja.
Seperti di tulis pada : Matius 19 : 5 - 6
(5 )Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.  (6Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.
Aku percaya bahwa pernikahan gereja itu pasti membawa dampak yang sangat positif untuk keluarga yang akan nantinya kita bangun, aku juga menanamkan prinsip bahwa pernikahan gereja tidak bisa di cerai beraikan oleh manusia. Mungkin dengan banyak nya perceraian yang terjadi pada selebriti atau orang-orang di sekitar tidak membawaku kepada pola pikir jaman sekarang. mungkin "mereka" belum mengerti arti dari pernikahan tersebut. Dan akhirnya hubby setuju dengan "syarat" pernikahan tersebut, tapi dengan satu syarat Hubby ingin Aku dan dia tetap menghormati perbedaan yang ada. dia tidak akan melarang aku ke gereja begitu juga sebaliknya. okay! aku menyanggupi. walaupun ada sedikit keganjalan hati, tapi tetap aku yakini.

Perbedaan itu tidak selamanya bisa di atasi, jujur berat banget tinggal satu atap dengan orang yang berbeda keyakinan. Dan perbedaan itu bisa jadi bom waktu yang kapan saja bisa meledak.

Awal meledaknya bom itu terjadi christmas tahun 2012. dimana aku mulai membayangkan bisa celebrate xmas dengan status baru yaitu "married". Feeling sih happy banget menjelang xmas, sebelum xmas aku sudah buat ancang2 mau minta ijin ke hubby untuk memberi hiasan natal di rumah. DAN Hubby marah besar dan melarang aku habis2an untuk itu. Jujur aja at that moment, sumpahhh aku merasa hancurrr banget.
"Jangan harap ada natal2an di rumah ini ! Aku GAK MAU !!!! TITIK !!!!"
dan yang kacau nya lagi, pas hari - H. tanggal 25 Desember 2012. Pagi2 Hubby malah mau pergi ke tempat ibadahnya karna ada peresmian gedung baru.

okay. double hurt nih. sudah gak di bolehin ngerayain natal, sekarang hari natal pun mau di tinggal sendirian di rumah !!!

Aku pun saat itu juga langsung naik pitam. aku marah besar. bukan seperti ini rumah tangga yang aku impikan. Dan terjadilah keributan besar hari itu di rumah kami. Harusnya natal membawakan kedamaian, bukan keributan besar seperti ini. Aku tidak menyalakan natal, aku menyalakan kenapa pada hari natal malah menjadi hari keributan. bukan ini yang Tuhan kehendaki untuk kehidupan anak-anakNya.


Tuhan memberi teguran pada ku hari itu, Pernikahan dengan perbedaan keyakinan itu mustahil !


Sekedar mengingatkan untuk teman-teman yang berencana menikah dan mempunyai masalah yang sama dengan masalahku, kehidupan pernikahan itu jauh berbeda dengan pacaran.
Sebagai keluarga, dimana sosok kepala rumah tangga dan pedamping( istri ) itu harus mempunyai satu kesatuan. gimana mau bersatu kalau toh keyakinan saja sudah berbeda ???

Hari berjalan masih dengan masalah yang sama, kami masih sama2 beradaptasi dengan kehidupan baru kami. walaupun toh banyak yang bilang bahwa tahun-tahun pertama pernikahan adalah hal yang terindah.
Hahaha...
itu omong kosong!
Tahun pertama dan kedua adalah masa masa adaptasi, masa pencocokan, masa dimana untuk jauh lebih mengenal satu sama lain, masa penyatuan antara dua manusia.
Dan itu enggak mudah sama sekali !!!! apalagi kalau belum mengenal Tuhan ???
Double trouble !

Dan akhirnya hal - hal kecil dari Tuhan mulai terjadi...
Bukan dari aku, bukan dari dorongan ku. Karena memang aku sama sekali tidak pernah membahas masalah keyakinan pada Hubby. aku merasa masih belum kapasitas ku untuk menjelaskan, karna aku pun masih bolong2 untuk kegereja dan berdoa.
Tuhan mulai menunjukan campur tangannya dalam hidup kami.
lebih tepatnya bulan februari. dimana Hubby dan aku ada family gathering. di situ kami sharing dengan salah satu paman dari Hubby yang sukses. beliau banyak cerita soal mujizat Tuhan, campur tangan Tuhan, kebaikan Tuhan dll. dimana setelah itu
hubby mulai menunjukan perbedaan..
kami memulai aktifitas doa bersama. bergandengan tangan, menutup mata dan berdoa bersama. sbelum makan, sebelum melakukan aktifitas bersama, juga menjelang tidur. walaupun cara berdoa kami berbeda. pada akhir doa aku selalu menambahkan
"Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur. amin"

Akhirnya pada minggu yang sama tiba2 aku rindu untuk datang ke gereja, aku beranikan diri untuk mengajak hubby. hubby pun dengan riang mengiyakan. Dan hal - hal kecil itu pun kian membesar.......
Campur tangan Tuhan itu indah....
malah the next week hubby yang excited untuk kegereja. dia bahkan seperti on fire. hehehe.
Oh God it's Really Happen !!!!!!!!!

At GMS Satelit Samarinda
Minggu demi minggu, kehidupan keluarga kami kian di pulihkan.
Puji Tuhan kami tidak pernah absen ibadah minggu bahkan kami sekarang sudah ikut komunitas family di gereja. Komunitas luar biasa yang membawa dampak besar juga untuk kehidupan keluarga kami.

Dulu waktu ke gereja hubby tidak semangat. Bahkan dia tidak pernah ikut puji-pujian dan berdoa.
Dulu hubby tidak pernah menyertakan Nama Tuhan Yesus Kristus di doanya.
Dulu Hubby Emosional menghadapai masalah-masalahnya, baik soal kerjaan maupun soal pribadi.

Sekarang
Hubby bahkan mengatakan ayooo jangan telat ke gereja yah hari ini !
Hubby intens membaca firman Tuhan dan menyerapinya dan memahami isi nya. Meng quote/kutip firman-firman yang menurutnya indah, memberiku info soal isi ayat yang baik. mengingatkan ku untuk jangan lupa membaca firman Tuhan.
Hubby selalu menyertakan nama Tuhan Yesus di setiap doanya, bahkan Hubby sudah lihai untuk memimpin doa. bernyanyi, memuji nama Nya.
Hubby berubahhh, tidak emosional !!!! oh God i love you with all my heart !!!!
Dan yang terpenting Hubby kian mencintai Yesus di setiap hari-hari nya, di kehidupannya. di kehidupan kami.
Bahkan Hubby membuatku malu, karena Hubby menjadi jauh lebih rajin bersekutu dengannya di bandingkan aku. ( maluuu !!! ) hehehe

Hubby sekarang menjadi contoh dan panutan didalam keluarga kecilku.

Oh yah ini kutipan firman hari ( 10.03.13 ) by Hubby
"Jangan lah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budi mu, sehingga kamu dapat mebedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik, yang berkenan kepadan Allah dan yang sempurna."

Banyakkk hallllll yang tidak bisa aku tulis satu persatu. banyak hal yang tidak bisa di nalarkan.
Tuhan Yesus Engkau Luar biasa !!!!



Disini aku bercerita bukan tentang gereja dimana aku beribadah."fanatikisme" atau apapun itu,
Tapi aku bercerita dan bersaksi bahwa kuasa Tuhan Yesus itu ADA di sekitar kita, Mujizat TUHAN ITU NYATA. hidup akan jauh lebih indah dan bermakna ketika kita setia hidup di dalam Nya. :)
Tuhan Yesus memberkati,
Xoxo
IrinaStephanie.

1 comment:

  1. Dear C' Irina, Hidup mu sungguh terberkati. Bacaan ini mengandung banyak kalimat yang sudah sangat jauh aku lupakan, dan yang paling terlupakan adalah "Campur tangan Tuhan itu indah...."

    Terberkatilah engkau yang dalam tulisan mu mebawa berkat bagi orang lain.
    Thank you so much.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...