Wednesday, October 26, 2022

Nikah muda, jadi orangtua diusia muda. yakin?

Satu hari salah satu klien saya datang dengan menunjukan raut bahagia dan sangat excited sekali, karna dalam waktu dekat akhirnya impiannya terkabul yaitu menikahi pacarnya.

"Aku bahagia banget akhirnya bisa menikah, karna dari dulu impiannku adalah memiliki satu keluarga kecil bahagia. Dan punya anak tentunya, pasti lucu banget deh..."

Saat itu pikiranku langsung kalut, istilah #couplegoals beneran telah menjadi inspirasi wanita muda belia yang ngga tahu bahwa pernikahan dan memiliki anak ngga semuda terlihat dari apa yang di tampilkan teman mu atau bahkan orang asing yang ngga kau kenal disocmed.

Tanpa pikir panjang, saat itu aku langsung membalas.
"Nikah itu ngga enak lho, ngga semuda dan seenak yang kamu liat disocialmedia"

"tapi itu uda jadi mimpi aku daridulu, punya anak diusia muda. teman teman ku beberapa juga ada yang sudah hamil dan punya anak... Ahhh, aku juga mau..."
Klien aku saat itu baru saja lulus SMA.
Kalo dilihat dari instagram nya sih, pasangan ini bisa jadi di juluki "couple-goals".

Tuhkan, lagi-lagi karna lingkungan.

"Kamu yakin mau nikah muda? Kamu ngga pengen kuliah gitu. Ngga enak lho punya anak cpeet-cepet!"
"Iya ini uda jadi impianku dari dulu."
...................

Aku bisa apa, acara pernikahan mereka berjalan lancar.
Setahun kemudian mereka bahkan sudah memiliki bayi yang sangat cantik.

"Ah syukurlah pikirku... Mungkin ngga selamanya menikah cepat itu menyeramkan"

Beberapa bulan kemudian...


Status-status galau-down dll mulai memenuhi igstorynya
Sindiran-sindiran terhadap pasangan...
dan sekarang jujur aku juga ngga tau gimana status mereka.
tapi yang pasti, smua foto berdua foto pernikahan sudah hilang dari ig nya.

.....

Please buat kalian yang masi belasan tahun,
jangan buru-buru nikah deh. Apalagi punya anak diusia yang terlalu muda
(disini aku ngga berbicara soal pasangan 'kecelakaan' ya)

Pernikahan ngga semuda yang kalian liat dari socialmedia.
ngga semanis itu.
complex ruwet banget.

Nikmati masa muda kalo memang kau masi punya pilihan :)

apalagi anak, Jangan deh sekali kali jangan coba-coba punya anak cepet2.
Nikmati dulu pernikahanmu, kenali dulu pasanganmu, nikmati dulu masa-masa 'tenang' mu,

Karna once anak lahir, welcome to another level of life yang seperti roller coaster.

Well, ngga semua menyeramkan.

Karna punya anak adalah kebahagiaan tersendiri yang menurut aku ngga bisa kebayar dari apapun, kebahagiaan merasakan keajaiban kecil tumbuh di dalam rahim kamu.
Its another level of happiness yang sulit untuk dideskripsikan.
tapi jangan lupa disamping itu, ada tanggung jawab besar yang sedang kamu pikul.
Tanggung jawab sebagai orangtua.

Inget! Anak ngga pernah minta dilahirkan.

Pikir kembali, kalo kamu masi butuh banyak waktu untuk healing.
dan mikirin kesehatan mental kamu.

Lebih baik puaskan apa yang kamu butuhin terlebih :)

Love,
Irina Stephanie

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...